Sunday, 28 August 2016

Penyebab Sakit Gigi



Penyebab sakit gigi Secara ilmiah
 Adalah  kuman yang bersarang dalam gigi sehingga merusak jaringan dalam gigi. Atau, penyebab lainnya juga ketika gigi geraham akan tumbuh, gigi berlubang dan dipenuhi kuman, atau gigi meradang kemudian membengkak.
Jika kamu sudah mengalami  sakit gigi berarti gigi anda sudah mengalami peradangan, maka disarankan agar Anda segera menggunakan Resep obat sakit gigi di apotik atau obat alami agar peradangan dapat dihentikan. Jika tidak segera ditangani, maka peradangan ini dapat mempengaruhi syaraf dan menjadi semakin parah.

Penyebab sakit gigi Secara Umum

 Ada yang perlu Anda tahu juga bahwa banyak sekali penyebab kenapa bisa sakit gigi. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lakukan upaya pencegahan yang lebih spesifik. Berikut adalah penyebab terjadinya sakit gigi.

1. Merokok
Penyebab sakit gigi karena gigi berlubang yaitu karena merokok. Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, karena merokok bisa menyebabkan berbagai penyakit selain sakit gigi. Dan penyakit tersebut seperti hipertensi atau darah tinggi, kanker paru-paru, serangan jantung, asma, dan gangguan kehamilan. Untuk itu hindarilah merokok.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi
Kurangnya menjaga kebersihan gigi juga merupakan penyebab timbulnya gigi berlubang dan sakit. Menggosok gigi tidak teratur dan tidak benar juga merupakan hal yang menyebabkan gigi Anda berlubang. Untuk itu, saat gosok gigi sebaiknya lakukan dengan benar dan bersih supaya tidak meninggalkan sisa makanan yang bisa membuat lubang pada gigi.

3. Makan Makanan Manis Berlebihan
Makanan yang manis seperti permen, kue, cokelat merupakan makanan yang bisa memicu timbulnya penyakit diabetes. Makanan inilah yang juga bisa menyebabkan gigi berlubang dan sakit. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menjaga kebersihan gigi supaya tidak mudah sakit akibat gigi berlubang. Perlu Anda tahu bahwa gigi yang berlubang dapat menyebabkan penyakit sinusitis, apabila tidak segera akan berbahaya untuk kesehatan.

4. Kurang Menjaga Kesehatan Gigi
Gigi yang berlubang dapat disebabkan karena jarang merawat gigi. Gigi yang kurang dirawat akan mudah sekali menyebabkan gigi berlubang dan sakit. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tetap menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dengan benar.

Penyebab lain dari  sakit gigi adalah panas dalam.Saat sedang terkena panas dalam, maka ada kemungkinan sakit gigi Anda akan kambuh. Oleh karena itu, selain menggunakan Resep Obat Sakit Gigi , Anda juga harus memperbanyak asupan sayuran, buah, dan juga air putih agar panas dalam sembuh dan juga sakit gigi pun terhindar atau  sembuh. 

Kapan saya harus kedoter ?

Perawatan gigi dengan baik dan benar juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang. Anda juga bisa memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali. Dengan cara inilah Anda bisa mengetahui apakah memiliki lubang kecil pada gigi atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu menggosok gigi sebelum tidur supaya gigi tetap sehat dan terhindar dari sisa makanan yang bisa menimbulkan bakteri.
 Anda yang mengalami sakit gigi ada begitu banyak obat sakit gigi tidak berlubang dan berlubang langsung hilang. Perlu Anda tahu pula bahwa gigi berlubang yang dibiarkan semakin lama bisa menyebabkan gigi rusak semakin parah. Bahkan gigi yang rusak tersebut dapat menyebabkan efek negatif yang lain seperti, bahaya pada bawah gigi karena terdapat syaraf tubuh lain. 

Karena itu, akibat gigi berlubang dapat memicu penyakit baru seperti serangan jantung. Hal ini karena darah menjadi membeku dan membuat aliran darah berhenti. Oleh sebab itu apabila Anda mengalami gigi berlubang yang masih kecil, sebaiknya segera tambal supaya tidak bertambah parah.

Obat Sakit Gigi


Obat sakit gigi baik dari herbal alami maupun obat kimia/resep dokter di apotik.

Mungkin lirik lagu sakit gigi sudah familiar di masyarakat menggambarkan bahawa sakit gigi lebih baik dari pada sakit hati padahal sakit gigi juga bisa buat galau dan enak hati.

Sakit gigi adalah termasuk kategori penyakit yang lumrah namun menyedihkan dan  menyiksa  sedihnya karna sedihnya tidak membuat berbaring sehingga tidak dijengung orang sakitnya makan sakit ngomong sakit dengar musik pun sakit , jadi tidak heran jika banyak orang yang sedang sakit gigi selalu dan sering sewot karena memang sakitnya sungguh luar biasa . Sehingga anda saudaranya cepat-cepat carikan obat agar si sakit gigi cepat sembuh . Langkah mengobati sakit gigi ada banyak caranya sebagiannya adalah dengan menggunakan obat apotik.

Ramuan Obat Sakit Gigi Alami Yang Bagus


1. Minyak Cengkeh
Untuk meredakan sakit gigi, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan. Cengkeh dinyatakan efektif meredakan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga mengurangi infeksi karena mengandung properti antiseptik.
2. Bawang merah
Komponen anti bakteri dikandung dalam bawang merah. Gigi bisa terlindung dari berbagai gangguan dengan mengunyah satu bawang merah setiap hari. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Pada area gigi atau gusi yang sakit, tempatkan sepotong kecil bawang merah. Ini bisa meredakan sakitnya.

3.Tepung lada
Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

4.Cabai Hijau
Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari.

Resep Obat Sakit Gigi di Apotik dari Dokter yang Paling Bagus


 Komposisi dari obat sakit gigi di apotik ini antara lain adalah :
  • Asam Mefenamat dengan takaran 500 mg yang bisa Anda konsumsi selama 3×1, 
  • Clindamycin dengan takaran 150 mg yang dapat Anda konsumsi secara teratur dengan dosis 3×1, 
  • Dexamethazon dengan takaran 0,5 mg yang dikonsumsi secara rutin dengan dosis 3×1 secara rutin.
  • Paracetamol adalah jenis obat yang termasuk kelompok analgesik atau pereda rasa sakit. obat ini dipakai untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah. obat ini juga bisa dipakai untuk menurunkan demam dan sakit gigi.Dianjurkan mengonsumsi paracetamol sebanyak 500 mg hingga 1 gram tiap 4-6 jam sekali.
  • Amoxicillin adalah obat golongan antibiotika yang termasuk ke dalam kelompok penisilin semi sintetis yang pemakaianya dengan cara diminum (oral). Dengan takaran 500mg.

 Resep Obat sakit gigi ini bisa mengurangi peradangan dan juga sakit pada gigi Anda.
Petunjuk penggunaan dari Resep Obat Sakit Gigi  Apotik dari Dokter ini ini bisa anda gunakan geraham Anda mulai terasa sakit saat dikatupkan ke bawah dan keatas, perbanyak minum air putih jika setelah beberapa jam masih terasa, maka minumlah asam mefenamat.
Jika gigi sudah mulai meradang, maka kamu dapat mengkonsumsi ketiganya selama beberapa hari hingga sembuh. Namun, perlu diketahui bahwa  resep tersebut mungkin tidak cocok untuk dikonsumsi semua orang sehingga ada baiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter gigi untuk menhindari kontradiksi.

Demikian mengenai Resep Obat Sakit Gigi,Semoga bermanfaat.

Baca juga :
- Penyebab Sakit Gigi
Tips Mencegah Sakit Gigi

Wednesday, 17 August 2016

Macam Macam Proses dan Jenis Pengelasan (Perbengkelan).

Kehidupan dikapal tidak terlepas dari yang namanya pengelasan, terutama bagi crew engine yang bertanggung jawab memperbaiki dan merawat mesin dan pesawat bantu lainya. Semua kapal yang berstandar BKI tentunya mempunyai mesin las dan bisa digunakan untuk pengelasan, biasanya menggunakan las listrik. 

Yang dimaksud dengan las adalah proses penyambungan dua material secara permanen dengan cara mencairkan kedua material yang akan disambung dan diikuti oleh material pengisi. 


Macam Macam Proses dan Jenis Jenis Pengelasan

Berdasarkan Panas Listrik

SMAW (Shield Metal Arch Welding) 
SMAW (Shield Metal Arch Welding)  adalah las busur nyala api listrik terlindung dengan mempergunagakan busur nyala listrik sebagai sumber panas pencair logam. Jenis ini paling banyak dipakai dimana–mana untuk hampir semua keperluan pekerjaan pengelasaan. Tegangan yang dipakai hanya 23 sampai dengan 45 Volt AC atau DC, sedangkan untuk pencairan pengelasan dibutuhkan arus hingga 500 Ampere. Namun secara umum yang dipakai berkisar 80 – 200 Ampere.


SAW (Submerged Arch Welding) 
SAW (Submerged Arch Welding) adalah las busur terbenam atau pengelasan dengan busur nyala api listrik. Untuk mecegah oksidasi cairan metal induk dan material tambahan, dipergunakan butiran–butiran fluks / slag sehingga bususr nyala terpendam di dalam ukuran–ukuran fluks tersebut

ESW (Electro Slag Welding)
ESW (Electro Slag Welding) adalah pengelasan busur terhenti, pengelasan sejenis SAW namun bedanya pada jenis ESW busurnya nyala mencairkan fluks, busur terhenti dan proses pencairan fluk berjalan terus dam menjadi bahan pengantar arus listrik (konduktif). Sehingga elektroda terhubungkan dengan benda yang dilas melalui konduktor tersebut. Panas yang dihasilkan dari tahanan terhadap arus listrik melalui cairan fluk / slag cukup tinggi untuk mencairkan bahan tambahan las dan bahan induk yang dilas tempraturnya mencapai 3500° F atau setara dengan 1925° C

SW (Stud Welding) 
ESW (Electro Slag Welding) adalah las baut pondasi, gunanya untuk menyambung bagian satu konstruksi baja dengan bagian yang terdapat di dalam beton (baut angker) atau “ Shear Connector “

ERW (Electric Resistant Welding)
ERW (Electric Resistant Welding) adalah las tahanan listrik yaitu dengan tahanan yang besar panas yang dihasilkan oleh aliran listrik menjadi semakin tinggi sehingga mencairkan logam yang akan dilas. Contohnya adalah pada pembuatan pipa ERW, pengelasan plat–plat dinding pesawat, atau pada pagar kawat

EBW (Electron Beam Welding) 
EBW (Electron Beam Welding)  adalah las dengan proses pemboman elektron, suatu pengelasan uang pencairannya disebabkan oleh panas yang
dihasilkan dari suatu berkas loncatan elektron yang dimamapatkan dan diarahkan pada benda yang akan dilas. Penelasan ini dilaksanakan di dalam ruang hampa, sehingga menghapus kemungkinan terjadinya oksidasi atau kontaminasi

Jenis Jenis Las Berdasarkan Panas Listrik dan Gas

GMAW (Gas Metal Arch Welding) 
GMAW (Gas Metal Arch Welding) terdiri dari ; MIG (Metal Active Gas) dan MAG (Metal Inert Gas) adalah pengelasan dengan gas nyala yang dihasilkan berasal dari busur nyala listrik, yang dipakai sebagai pencair metal yang di–las dan metal penambah. Sebagai pelindung oksidasi dipakai gas pelindung yang berupa gas kekal (inert) atau CO2. MIG digunakan untuk mengelas besi atau baja, sedangkan gas pelindungnya adalah mengunakan Karbon dioxida CO2. TIG digunakan untuk mengelas logam non besi dan gas pelindungnya menggunakan Helium (He) dan/atau Argon (Ar)

GTAW (Gas Tungsten Arch Welding) atau TIG (Tungsten Inert Gas
GTAW (Gas Tungsten Arch Welding) atau TIG (Tungsten Inert Gas) adalah pengelasn dengan memakai busur nyala dengan tungsten/elektroda yang terbuat dari wolfram, sedangkan bahan penambahnyyadigunakan bahan yang sama atau sejenis dengan material induknya. Untuk mencegah oksidasi, dipakai gas kekal (inert) 99 % Argon (Ar) murni

FCAW (Flux Cored Arch Welding) 
FCAW (Flux Cored Arch Welding) pada hakikatnya hampir sama dengan proses pengelasan GMAW. Gas pelindungnya juga sama-sama menggunakan Karbon dioxida CO2. Biasanya, pada mesin las FCAW ditambah robot yang bertugas untuk menjalankan pengelasan biasa disebut dengan super anemo

PAW (Plasma Arch Welding)
PAW (Plasma Arch Welding) adalah las listrik dengan plasma yang sejenis dengan GTAW hanya pada proses ini gas pelindung menggunakan bahan campuran antara Argon (Ar), Nitrogen (N) dan Hidrogen (H) yang lazim disebut dengan plasma. Plasma adalah gas yang luminous dengan derajat pengantar arus dan kapasitas termis / panas yang tinggi dapat menampung tempratur diatas 5000° C

Jenis Jenis Las Berdasarkan Panas Yang Dihasilkan Campuran Gas

OAW (Oxigen Acetylene Welding) adalah sejenis dengan las karbid / las otogen. Panas yang didapat dari hasil pembakaran gas acetylene (C2H2) dengan zat asam atau Oksigen (O2). Ada juga yang sejenis las ini dan memakai gas propane (C3H8) sebagai ganti acetylene. Ada pula yang memakai bahan pemanas yang terdiri dari campuran gas hidrogen (H) dan zat asam (O2) yang disebit OHW (Oxy Hidrogen Welding)

Jenis Jenis Las Berdasarkan Ledakan dan reaksi isotermis

EXW (Explosion Welding) adalah las yang sumber panasnya didapatkan dengan meledakkan amunisi yang dipasang pada suatu mold/cetakan pada bagian tersebut dan mengisi cetakan yang tersedia. Cara ini sangat praktis untuk menyambung kawat baja / wire rope, slenk. 

Cara pelaksanaannya adalah ujung-ujung tambang kawat dimasukkan ke dalam mold yang telah terisi amunisi selanjutnya serbuk ledak tersebut dinyalakan dengan pemantik api, maka terjadilah reaksi kimia eksotermis yang sangat cepat sehingga menghasilkan suhu yang sangat tinggi sehingga terjadilah ledakan. Ledakan tersebut mencairkan kedua ujung kawat baja yang terdapat didalam mold tadi, sehingga cairan metal terpadu dan mengisi ruangan yang tersedia didalam mold.

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut

Peta adalah proyeksi bumi atau sebagian dari muka bumi yang digambarkan di atas bidang datar. Pengertian map lebih menjurus pada keadaan umum, keadaan daratan dan batas-batasnya dilihat dari sudut politis, sedangkan suatu peta akan lebih mementingkan hal-hal serta keterangan-keterangan yang dibutuhkan oleh seorang navigator untuk dapat menentukan posisi, jarak, haluan serta halhal lain demi keselamatan atau keamanan navigasi. 

Peta-peta diterbitkan menurut sifat pemakaiannya, misalnya peta untuk penerbangan (aeronautical chart), peta laut (nautical chart), peta cuaca (weather chart), peta bintang (star chart) dan lain-lain. Untuk keperluan pelayaran di laut dipakailah peta laut.


Mengenal Jenis Peta Laut :
  1. Skala ukuran kecil : meliputi daerah yang luas. 
  2. Skala ukuran besar : meliputi daerah yang sempit. 

Sedangkan menurut luas daerahnya peta laut dapat dibagai menjadi : 
  1. Peta ichtisar adalah peta-peta yang menggambarkan daerah-daerah yang luas pada skala kecil, terutama untuk memberikan variasi arus, angin dan lain-lain 1 : 3.000.000
  2. Peta haluan / peta perantau merupakan peta-peta dengan skala yang besar dipergunakan untuk pelayaran pada jarak jauh dari daratan 1 : 500.000 sampai dengan 1 : 1.000.000
  3. Peta pantai adalah peta-peta dengan skala yang lebih besar, digunakan untuk navigasi sepanjang pantai 1 : 100.000 sampai dengan 1 : 500.000
  4. Peta penjelas adalah peta-peta bagi navigasi di air pelayaran yang sulit 1 : 25.000 sampai dengan 1 : 100.000 
  5. Peta rencana adalah peta-peta untuk menyinggahi bandar-bandar, pelabuhanpelabuhan 1 : 10.000 sampai dengan 1:25.000

Skala peta Skala peta adalah perbandingan dari satu satuan panjang di peta terhadap panjang sebenarnya. Untuk menyatakan skala ada beberapa cara yang dipakai dan yang paling sering dipakai adalah : 
  1. Skala umum (natural scale) misalnya 1 : 80.000 artinya satu satuan panjang di peta , 80.000 di bumi. 
  2. Skala angka (numerical scale), misalnya 1 cm di peta = 10 km pada keadaan yang sebenarnya. 
  3. Skala grafik (graphical scale). Di peta sering terdapat sebuah garis yang mempunyai pembagian dalam ukuran mil, yard, kaki, kilometer, meter. Jarak-jarak di peta ini dapat diukur dengan memakai satuan-satuan pada garis tersebut.

Mengenal Jenis Jenis Peta Laut


Syarat-syarat umum peta laut
  1. Bagian laut, harus berisi semua bahaya-bahaya yang ada, dan gambaran yang dapat dipercaya mengenai dalamnya air dan garis-garis dalam.
  2. Arah-arah dan jarak-jarak harus dinyatakan sedemikian, sehingga navigasi dapat diselenggarakan dengan seksama. 
  3. Terutama angka-angka dalam harus ada serta menyatakan dalam yang terkecil di perairan-perairan. Juga dalam-dalam yang terbesar adalah penting pula berkenaan dengan penampang dasar laut, khusus untuk memilih tempat berlabuh. Untuk kepentingan tersebut disamping penentuan tempat kapal maka jenis tanahpun harus pula dinyatakan secukupnya.
  4. Suar-suar, pelampung-pelampung, perambuan-perambuan, garis-garis haluan dan garis-garis penuntun, tempat berlabuh harus ditulis di peta.
  5. Bagian daratan, hendaknya tidak hanya menunjukkan bentuk dan garisgaris pantai saja, tetapi harus juga dapat menyatakan apakah daratan itu rata, berbukit-bukit, curam ataupun bergunung-gunung, sedangkan batas antara susunan tersebut harus nampak dengan jelas.
  6. Titel peta harus menyatakan daerah yang digambarkan. Di dalam titel itu disebutkan skalanya, ukuran-ukuran dengan mana dalam-dalam dan tinggi gunung ditentukan, sampai bidang mana dalam itu disurutkan dan jika perlu jarak antara bidang itu (chartdatum) dengan bidang duduk menengah (mean level), nama kapal dan tahun perpetaan.
  7. Bulan dan tahun penerbitan, atau cetakan ulang tercantum di bagian bawah dan sampai tanggal berapa peta itu terakhir diperbaiki. 

Mengoreksi Peta (menggunakan BPI)
  1. Apabila ada beberapa peta yang harus dikoreksi, maka peta dengan skala yang terbesar harus didahulukan. Dalam hal ini koreksi hanya satu akan tetapi meliputi beberapa peta dengan skala yang berbeda-beda.
  2. Dalam memasukkan tambahan-tambahan atau koreksi-koreksi pada peta-peta dengan ukuran skala besar, maka simbol-simbol serta singkatan-singkatan dari peta No. 5011 atau peta No. 1 harus digunakan.
  3. Apabila dalam mengoreksi penerangan-penerangan terlalu banyak perobahan yang harus dilakukan, maka sesuai dengan skalanya, perobahan-perobahan itu dapat dipersingkat dengan mengurangi koreksi-koreksi itu menurut aturan : a. tinggi di permukaan laut b. periode c. nomor dalam kelompok d. jarak nampak.
  4. Untuk peta-peta samudera, hanya suar yang mempunyai jarak nampak 15 mil dan yang lebih dimasukkan. Selain dari jarak nampak, yang perlu lagi hanya warna dan sifatnya.
Katalog dari peta laut : 

British Admiralty (BA) menerbitkan setiap tahun dan berisi nama, seri nomor, harga dan lain-lain dari segala macam peta laut, begitu juga daftar dari penerbitan-penerbitan navigasi yang berguna bagi pelaut. Katalog ini merupakan suatu buku dan khusus mengenai peta laut, terdapat indeks peta dari A sampai W, yang meliputi seluruh dunia. Indeks ini akan menunjukkan daerah-daerah dimana kita berada dan setelah itu kita menemukan daerah yang kita maksudkan (misalnya indeks K), maka pada daerah ini kita dapat melihat peta-peta mana yang kita butuhkan. 

Folio dari Peta 
Folio dari peta akan memberikan suatu kumpulan atau seri peta-peta yang lengkap dari suatu daerah tertentu atau suatu bagian dunia ini dengan batasbatas geografi yang tertentu. Setiap folio mempunyai nama serta seri nomornya dan selain itu terdapat pula daftar dari folio tersebut yang berisi nomor dan nama dari peta-peta yang terdapat di folio itu. Oleh BA dunia ini dibagi dalam 100 folio dan diberi nomor dari 1 sampai dengan 100. 

Muka Surutan Peta (Chart Datum). 

Muka surutan peta adalah muka air sampai dimana dalam-dalamnya air disurutkan. Dari sinilah dalam-dalamnya air diukur. Jadi dalam air di peta tidak pernah lebih kecil dari dalam air sesungguhnya. Maksud utama ialah supaya ketenangan pelaut tetap terjamin mengenai dalam-dalamnya air terutama di pelabuhan. Pada peta Indonesia dalam-dalam disurutkan sampai rata-rata air yang terendah diambil tiap setengah tahun. Dalamnya air dihitung dalam meter. Tinggi-tinggi benda di darat dihitung dari muka air tertinggi dan dinyatakan dalam meter. Garis dalamnya air ialah garis yang menghubungkan tempattempat yang dalamnya sama.

Apa yang dimaksud dengan ECDIS

Berdasarkan draft aturan yang dipersiapkan oleh Sub Committee on Safety of Navigation IMO ( International Maritime Organization) dalam sidangnya yang ke 54 tanggal 30 Juni – 4 July 2008 telah disulkan penggunaan ECDIS ( Electronic Chart Display and Information System ),dan pada siding IMO yang ke 85 antara November-Desember 2008 telah disetujui penggunaan peralatan ECDIS dan diharapkan pada bulan Mei 2009 akan segera diumumkan oleh Marine Safety Committee ( MSC ) IMO . Draft aturan ini nantinya akan merupakan amandemen dari peraturan yang ada yaitu SOLAS Bab V/19 tentang Safety of Navigation. Dan jika peraturan ini nantinya diberlakukan maka semua kapal-kapal yang berlayar internasional sudah harus menggunakan alat ini Pemberlakuan terhadap penggunaan alat ini yang paling dahulu adalah kapal.

Walaupun keharusan penggunaan alat ini masih lama,namun hampir sebahagian besar armada kapal-kapal terutama tanker internasional sudah dilengkapi dengan alat ini dan bahkan beberapa institusi pendidikan dari negara-negara yang armada kapalnya cukup potensial sudah memulai pendidikan untuk akrab menggunakan alat ini,seperti misalnya Australia,Inggris,Jepang dan Singapore. Malaysia sendiri akan segera memulai memasukkan mata pelajaran ini dalam curriculumnya,walaupun dalam prakteknya hampir semua kapal-kapal Malaysia sudah dilengkapi dengan alat ini, sehingga para Perwira dan Taruna yang praktek diatas kapal sudah lebih dulu akrab dengan pengunaan alat ini walaupun di sekolah belum diajarkan.

Apakah sebenarnya ECDIS?

ECDIS atau “Electronic Chart Display and Information System” adalah suatu alat yang fungsi dan systemnya dapat memberikan informasi tentang navigasi dan yang kegunannya adalah untuk memback-up peralatan yang ada,sehingga dapat diterima dan dianggap memenuhi persyaratan yang ditentukan sesuai aturan V/19 & V/27 dari konvensi SOLAS 1974 &amandemennya. Oleh karena itu peralatan ECDIS ini harus memenuhi criteria standard kinerja ( Performance Standard ) dari IMO sesuai Bab V Solas 1974.
Sebenarnya ada peralatan lain yang fungsinya sama yang disebut ECS ( Electronic Chart System) yang dapat juga digunakan untuk bernavigasi,namun tidak memenuhi criteria persyaratan tang diminta oleh IMO,walaupun memenuhi persyaratan ISO.
Peralatan lain yang digunakan bersamaan dengan ECDIS adalah ENC ( Electronic Navigational Charts ). ENC ini sebenarnya merupakan suatu Data Base yang distandardisasikan baik mengenai muatan,struktur dan formatnya disesuaikan untuk digunakan bersama ECDIS namun harus ada persetujuan dari IHO ( International Hydrographic Office).
Demikian juga halnya dengan RCDS ( Raster Chart Display System ),yang fungsinya hampir sama dengan ECDIS dan bahkan juga telah disetujui oleh IMO dan IHO,namun perbedaannya hanya sedikit,yaitu ECDIS dilengkapi dengan alarm yang langsung berhubungan dengan peta yang digunakan apabila misalnya posisi atau haluan yang digunakan tidak tepat . Sedangkan RCDS atau RNC dilengkapi dengan kertas peta ( Chart paper ) yang tidak dipunyai oleh ECDIS, dimana ECDIS sendiri hanya menggunakan tampilan yang hampir sama dengan peta. Spesifikasi dan kegunaan dari kedua jenis tersebut diatas hampir sama .

Manfaat penggunaan ECDIS

Manfaat yang diperoleh dalam penggunaan ECDIS adalah sebagai berkut :
  1. Lebih mudah menyusun perencanaan pelayaran ( voyage planning )
  2. Lebih mudah dalam mengkoreksi peta
  3. Dapat memantau terus menerus dalam laut serta lekuk-lekuk dasar kedalaman laut
  4. Tersedianya informasi yang cepat pada waktu mendekati pelabuhan yang sibuk sekalipun demikian juga dengan daerah navigasi lainnya yang baru.
Adapun kelemahannya yang perlu diwaspadai (termasuk kelemahan si pengguna)
  • Banyaknya informasi di layar yang perlu dicermati yang kadang bisa mengganggu,demikian juga sub-menu yang tersedia mungkin agak rumit.
  • Ukuran peta yang ditampilkan di layer kemungkin lebih kecil dari aaslinya
  • Beberapa symbol yang ada kadang-kadang salah dinterpretasikan karena belum dikuasai
  • Hasil dari plotting otomatis sering tidak memuaskan.

Karena penggunaan alat ini dalam waktu dekat mungkin akan diberlakukan,hendaknya para Nakhoda,Perwira,Taruna dan bahkan Port State Control Officer sudah harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang alat ini dari sekarang, dan bukan itu saja karena hamper semua kapal-kapal milik perusahaan – perusahaan terkenal di dunia sudah menggunakan alat ini,sehingga nantinya jika para Nakhoda dan Perwira Indonesia jika di recruit atau ditempatkan di kapal-kapal milik perusahaan tersebut sudah mampu mengoperasikan alat ini.

Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android

Aplikasi Findship


Bagi para pelaut pasti sudah tahu semua apa itu ECDIS, yap. . .sebelum membahas cara mengetahui posisi kapal dengan aplikasi android di hape kita, mari kita bahas sedikit dan mengingat apa yang dimaksud dengan ECDIS.

Dalam ilmu Navigasi pelayaran peralatan navigasi ECDIS sangatlah penting untuk mengetahui posisi kapal, walapun banyak juga kapal - kapal yang belum memakai ECDIS karena mungkin mereka menganggap GPS sudah cukup untuk mengetahui posisi dan melancarkan pelayaran.

Kurang lebihnya sebagai berikut mengenai penjelasan ECDIS :
ECDIS atau “Electronic Chart Display and Information System” adalah suatu alat yang fungsi dan systemnya dapat memberikan informasi tentang navigasi dan yang kegunannya adalah untuk memback-up peralatan yang ada,sehingga dapat diterima dan dianggap memenuhi persyaratan yang ditentukan sesuai aturan V/19 & V/27 dari konvensi SOLAS 1974 &amandemennya. Oleh karena itu peralatan ECDIS ini harus memenuhi criteria standard kinerja ( Performance Standard ) dari IMO sesuai Bab V Solas 1974.


Lalu apa hubunganya ECDIS dengan aplikasi android yang bisa menemukan posisi kapal dan detail kapal tersebut. Hubunganya adalah bahwa ECDIS terhubung dengan satelit sehingga bisa terhubung dengan GPS yang ada di handpon masing - masing.

Dengan aplikasi Find Ship anda bisa menemukan posisi kapal dan juga detail kapal bahkan findship bisa mengetahui bahwa kapal itu sedang berjalan atau Using Engin atau juga sedang sandar ( Morred)

Berikut ini cara menggunakan Aplikasi Findship di Android anda, sebenarnya bukan hanya di android saja namun bisa di gunakan di Windows Phone dan juga Iphone ( Apple ). Sesuai gadget yang anda miliki.
Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone

Download Aplikasinya Melalui Google Play


Setelah Ter instal buka aplikasi find ship dan akan tampil halaman seperti pada gambar dibawah ini.




Tulis nama kapal yang anda inginkan di kolom pencarian, lalu tekan search atau disitu akan tampil nama kapal yang sesuai. Bisa juga selain dengan nama kapal bisa menggunakan Call Sign Kapal tersebut, contoh : PNZO, PMZK dll. sesuai call sign kapal yang anda ketahui.



Jika di sentuh pada bagian nama kapal yang sudah ditemukan maka terdapat tentang detail kapal nomor IMO, DWT, Type dll seperti pada gambar dibawah ini.




Ikon tanda Sinyal digunakan untuk menandai jenis jenis kapal, apakah itu tanker cargo dll.



Begitulah Cara Mengetahui Posisi Kapal Dengan Aplikasi Android, Iphone dan Windows Phone yang pasti berguna untuk anda para pelaut.

Catatan ;
kapal yang tidak menggunakan ECDIS tidak akan terlihat di aplikasi ini, seperti juga pada ECDIS

Aplikasi Android pengecek sertifikat Pelaut



Sekarang teknologi sudah makin cangih, dan perekonomian kini juga sudah mulai stabil, gadget atau smartphone juga bukan  lagi barang mewah hampir semua kalangan dapat memilikinya, termasuk sahabat seamana. saya yakin 98% pasti sahabat pelaut semuanya sudah ada yang punya.

Nah kali ini harviacode salah satu pengembang aplikasi untuk android telah mengembangkan cara mudah cek sertifikat pelaut online di android tentunya anda harus mengunduh dan instal terlebih dahulu agar bisa mengecek sertifiakat pelaut online anda.

Salah satu kelebihan dari Aplikasi Android yang dikembangkan oleh harviacode ini yaitu tanpa harus memasukan kode untuk melihat sertifikat pelaut anda, berbeda ketika mengecek langsung melalui website http://pelaut.dephub.go.id yang harus memasukan kode setelah memasukan seaferer codenya.
Aplikasi Cek Sertifikat Pelaut online di Android

Untuk fitur dari aplikasi ini ketika dibuka sama saja dengan yang ada di website pelaut hanya terkesan simpel dan ringan.

Selain itu hasilnya juga sama dengan yang ketika mengecek di website resmi pelaut, namun aplikasi ini hanya sekedar untuk mengecek dan memastikan saja bahwa sertifikat pelaut sudah online apa belum, untuk mode print out database sebaiknya tetap menggunakan komputer agar hasil lebih baik.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui google play. 

Selamat mencoba Sahabat Seaman.

Dalam Setahun RI Cetak 1000 Pelaut Kelas Dunia



Sebagai negara maritim, Indonesia ternyata memiliki kemampuan untuk menghasilkan para pelaut-pelaut yang memiliki lisensi bertaraf Internasional. Dalam setahun, sebanyak 1.000 pelaut dicetak dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) yang ada di seluruh Indonesia.

"Kami telah menghasilkan sekitar 1.000 orang untuk perwira dari Departemen Perhubungan, padahal total kebutuhan pelaut dunia itu sekitar 7.000 orang per tahunnya," ungkapnya saat berbincang denganLiputan6.com,

Saat ini, STIP milik Departemen Perhubungan di Indonesia setidaknya terdapat 10 sekolah yang tersebar di enam kota yaitu Aceh, Makassar, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Sorong.

Hanya saja, lanjut dia, dari 1000 lulusan yang mampu dihasilkan oleh Indonesia tersebut mayoritas bekerja untuk perusahaan-perusahaan luar negeri. "Selama ini pelaut alumni STIP banyak tersedot ke luar negeri, karena gaji lebih besar. Soalnya ijazah kita sudah standar internasional," jelas dia.

Disparitas gaji antara bekerja di luar negeri dengan di dalam negeri, menurut Eko, disebabkan perusahaan pelayaran lokal kurang mampu bersaing. Untuk itu, dia berharap, ke depan Indonesia akan dapat menjadi pelopor industri pelayaran mengingat kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Ked epan harapannya ya lebih banyak lagi industri pelayaran, sehingga tidak banyak terserap ke luar negeri," pungkas Eko. (Yas/Ndw

Information by : Liputan6

Saturday, 13 August 2016

Hari Jadi Popeye The Sailor Man

Hari Jadi Popeye The Sailor Man



Popeye the Sailor Man Lahir 17 Januari tahun 1929, ternyata itu adalah momen kemunculan perdananya.

Tokoh fiksi kartun Popeye pertama kali muncul dalam bentuk komik di harian Amerika Serikat King Features, Thimble Theatre. Ia lahir dari hasil kreasi seniman bernama Elzie Cisler Segar.

Sejak debut pertamanya, karakter Popeye yang memiliki bentuk mulut khas serta tangan berotot dengan tato jangkar, telah menarik perhatian. Bahkan menjadi salah satu yang paling populer pada tahun 1930-an

Baca Juga Kenapa Popeye the sailor man suka makan bayam

Kenapa Popeye the sailor man suka makan bayam?

Inilah alasan kenapa Popeye the Sailor Man Suka Makan Bayam.



Siapapun pasti mengenal Popeye, tokoh kartun yang digambarkan sebagai pelaut perkasa. Ia mendadak punya kekuatan super setiap kali menyantap sekaleng bayam. Sedemikian besarkah manfaat bayam?

Sebagai sebuah karya fiksi, tentunya sah-sah saja bila dalam kartun tersebut efek makan bayam sedikit didramatisir.

Popeye yang dalam kondisi normal memiliki postur kecil dan kerempeng, dalam sekejap mampu melawan Brutus, musuh utamanya yang berbadan jauh lebih besar setelah makan bayam.

Tokoh kartun Popeye yang diciptakan oleh Elzie Crisler Segar,diperkenalkan pada awal 1929 dalam bentuk komik.

Di masa itu, kartun Popeye merupakan bagian dari kampanye makan sayur di kalangan anak-anak. Meski mengandung banyak nutrisi, sayuran ini kurang disukai anak-anak karena rasanya yang dinilai tidak enak.

Bayam sangat kaya akan kandungan berbagai vitamin dari A hingga K. Selain itu juga mengandung banyak mineral, antara lain potasium, phosphor, magnesium dan zat besi.

Bayam juga mengandung nutrisi lain seperti berbagai asam amino esensial dan serat. Serat yang terkandung dalam bayam dapat mencegah sembelit, ambeien serta sindrom iritasi usus.

Meskipun belum banyak uji klinis, bayam dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti :
1. membersihkan darah sehabis bersalin

2. memperkuat akar rambut

3. mencegah tekanan darah rendah

4. mencegah kurang darah (anemia)

5. mencegah gagal ginjal


Sebagian orang bahkan meyakini bahwa bayam juga berkhasiat untuk :
1. mencegah menurunnya penglihatan

2. mencegah katarak

3. mencegah kanker.


Kampanye melalui kartun Popeye ini bisa dibilang berhasil,di karenakan kartun popeye sang pelaut begitu meledak dan menuai popularitas di tahun 1930, dan konsumsi bayam pun di AS tercatat meningkat hingga 33 persen di masa itu.

Friday, 12 August 2016

Pelaut Kok Nggak Punya Rumah..!? Apa Kata Dunia..!?

Pelaut Kok Nggak Punya Rumah.. Apa Kata Dunia.



Hari ini saya tidak sengaja membuka salah satu blog dari sahabat pelaut kita dan membaca postinganya dan saya tertarik untuk membagikan tulisan yang ada di blognya untuk rekan-rekan seaman. beginilah yang dia tulis :

Judul di atas bukan maksud saya untuk menghina maupun menyindir sesama pelaut. Tapi mudah mudahan tulisan yang akan saya tulis ini bisa menjadi inspirasi kita semua khususnya para pelaut yang belum sempat memikirkan hari depannya.
Gaya hidup pelaut yang suka menghambur - hamburkan uang hanya untuk kesenangan sesaat ujungnya pasti menderita ketika sudah tidak lagi berada di usia produktif. Penyesalan di akhir pasti tiada guna, untuk itulah mari kita sama - sama persiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Tiada kata terlambat bagi kita , Bukannya ada pribasa  terlambat lebih baik dari pada tidak sama sekali.
Ada pengalaman menarik yang membuat saya ingin menulis judul ini. Enam tahun yang lalu saya mempunyai Chief Officer yang sudah berusia 57 tahun. Ketika itu ijin mau ke bank untuk kirim uang ke istrinya dan bercerita kalau dia baru nyicil - nyicil beli material untuk bikin rumah. Melihat usianya yang cukup senior dan dia belayar sejak usia 20 tahun anggapan saya pasti dia membuatkan rumah untuk anaknya. Ketika saya tanya ternyata dia membuat rumah untuk di pakai sendiri karena hampir separo usianya dia dan keluarganya hidup di rumah kontrakkan. Ironis memang selama ini anggapan pelaut banyak uangnya seakan terbantahkan.. Tapi  nanti dulu ketika saya tanya kenapa kok baru bikin rumah sekarang,  dia menjawab selama ini nggak pernah memikirkan sama sekali masa depannya. uangnya di hambur - hamburkan di masa muda bahkan untuk sekedar beli polis ansuransipun tak pernah terpikirkan. Dari pengalaman chief officer ini mari kita bangkit dari keterlenaan masa muda yang penuh glamuor dan bergaya hidup konsumtif ini. Pikirkan dengan matang masa depan kita karena penyesalan di akhir pastilah tiada guna.
Rumah adalah hal penting dalam hidup kita selain pangan ( Makan ) dan Sandang ( Pakaian ). Rumah selain tempat perlindungan dari segala cuaca  juga sebagai tempat untuk membangun keluarga yang harmonis , utuh dan kuat. Semua pendidikan juga di mulai dari rumah. Untuk itulah hidup kita sangat memerlukan rumah baik rumah milik sendiri, maupun kontra atau menyewa. 
Demikian sobat tercinta semoga tulisan ini sangat berguna untuk kita semua. Gunakan uang anda sebaik mungkin agar jangan ada penyesalan di kemudian hari..
Salam

Sumber By : Partono Suwadji

7 Pelaut Wanita Terhebat di Dunia

7 Pelaut Wanita Terhebat di Dunia

Dunia pelaut selalu identik menjadi milik kaum lelaki. Memang wajar, mengingat kerasnya hidup di atas kapal laut selama berbulan-bulan, ditambah tantangan alam seperti badai yang bisa menyergap tiba-tiba. 



Siapa sangka, sesungguhnya ada wanita-wanita hebat yang tercatat sebagai pelaut ulung. Bahkan seorang Laksmana perempuan dari tanah rencong termasuk diantaranya.

Simak daftarnya berikut ini:



1. Grace O’ Malley (1530 - 1603)




Dianggap salah satu pelaut wanita terbaik di dunia, wanita kelahiran Irlandia ini menjadi pelaut secara keturunan setelah kematian ayahnya. Tapi ketika dia melakukan itu, dia tidak hanya melaut untuk melakukan apa yang ia cintai, tetapi juga untuk membuktikan kepada dunia bahwa dia hanya ingin membuktikan bahwa dia lah yang terbaik dari semua rekan-rekan lelakinya yang juga pelaut.

Sejarah dunia mencatat Grace sebagai perempuan "bajak laut" terhebat dunia. Tidak ada yang menyangkal kenyataan bahwa keterampilan berlayarnya lebih baik daripada kebanyakan pria pelaut pada waktu itu, maka hal itu membuatnya seperti bajak laut yang ulung. Bajak laut atau tidak, Grace O' Malley terus menjadi salah satu pelaut wanita terbaik di dunia.


2. Skipper Thuridur

 

Thuridur Einarsdottir lahir tahun 1777, terkenal sebagai kapten nelayan wanita dari Islandia. Di usia 11 tahun, ia mulai ikut berlayar dengan ayahnya. Sejak itulah karirnya sebagai pelaut dimulai.

Keahliannya menjinakkan laut dalam cuaca yang sangat ekstrim semakin membuat namanya populer, julukan "Skipper" sebagai penanda Thuridur adalah seorang kapten (Skipper = kapten/juragan, eng.) Karirnya terus berlanjut hingga pensiun di usia 63. Keunikan Thuridur lainnya, ia juga mempunyai anak buah kapal yang juga kaum perempuan.

Begitu hebatnya Thuridur, namanya tetap dikenang sampai sekarang. Replika kabin kapalnya bahkan dibuat di tempat kelahirannya, Stokkeseyri untuk mengenang kehebatannya.


3. Krystyna Chojnowska- Liskiewicz
 



Pada tanggal 21 April 1978, terjadi catatan sejarah yang tidak pernah dilupakan di dunia. Krystyna Chojnowska-Liskiewicz, lahir 15 Juli 1936 di Polandia adalah wanita pertama yang berlayar sendirian (solo) di seluruh dunia. Dia berlayar dari Kepulauan Canary pada tanggal 28 Februari 1976, dan kembali pada tanggal 21 April 1978, menyelesaikan perjalanan mengelilingi dunia dengan jarak 31.166 mil laut (57.719 km) dalam 401 hari.


4. Naomi James

 

Naomi James lahir di Selandia Baru di sebuah peternakan domba yang terkurung daratan dan tidak belajar bagaimana caranya untuk berenang sampai usia 23 tahun, namun dia berhasil memecahkan rekor dunia dengan berlayar sendirian (solo) mengelilingi dunia selama 272 hari. Dia belajar berlayar dari suaminya sendiri, Rob James yang menikahinya setelah dia kembali dari perjalanan berkeliling dunia itu.


5. Kay cottee 
 


Kabarnya, Kay disebut sebagai pelaut wanita terbaik jaman sekarang. Pelaut wanita asal Australia ini membuat dunia duduk melihat kehadirannya dari perjalanan keliling dunia dengan berlayar sendirian (solo) dalam waktu 189 hari. Pelayaran dalam waktu 189 hari itu membuat namanya menjadi pelaut wanita teratas yang berhasil mengelilingi dunia dengan berlayar sendirian.



6. Laura Dekker 

 



Di abad 21, mungkin Laura Dekker bisa dibilang sebagai pelaut wanita termuda yang berlayar mengelilingi dunia seorang diri. Bayangkan, saat itu usianya baru 16 tahun.

Sebagai seorang remaja putri dari Belanda, Laura tiba di kepulauan Karibia, Saint Maarten, Sabtu 21 Januari 2012 satu tahun dan satu hari, setelah ia memulai pelayaran dengan kapal berukuran 11x5 meter, yang ia beri nama Guppy.

Remaja Belanda ini merayakan ulang tahunnya selama perjalanan. Perjalanan keliling dunia ini sempat ditentang oleh departemen pendidikan Belanda. Alhasil, Guinness World Records menolak untuk mengakui pelayaran itu karena tidak ingin memancing anak-anak muda lain mengambil risiko.

Yang menarik, Laura Dekker sendiri lahir di kapal dan pada usia enam tahun ia telah berlayar melintas danau seorang diri. Pada usia 13 tahun, ia berlayar dari Belanda ke Inggris. Ia kemudian memutuskan untuk mencari tantangan lain dengan berlayar keliling dunia, seorang diri.

Orang tua Laura pada mulanya menolak namun akhirnya sepakat untuk mendukung permintaannya. Pemerintah Belanda sempat mengajukan kasus ini ke pengadilan yang memutuskan untuk mencegah rencana Laura ini karena ia terlalu muda untuk berlayar di lautan seorang diri. 

Setelah berjuang lama melalui proses hukum, Laura akhirnya memenangkan hak untuk berlayar dengan persyaratan ia harus menjalani latihan pertolongan pertama dan setuju untuk mengikuti pelajaran dari jauh.



7. Laksamana Malahayati 



Namanya memang belum dikenal secara luas, apalagi media barat tak mencatatnya. Tak heran, Laksamana Malahayati tidak masuk dalam daftar "Pelaut Wanita Hebat Dunia". 

Padahal, sebagai pelaut dan pejuang wanita, Malahayati memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah tewas) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal.

Prestasi ini membuatnya mendapat gelar Laksamana, sehingga ia kemudian lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati