Perawatan Dan Perbaikan Mesin
Moto diesel penggerak utama (main diesel), 4.000 KW, 140 rpm, jumlah silinder 6 (enam) diameter 320mm, dilakukan perawatan dan perbaikan (overhaul) untuk penggantian pegas torak ( piston ring).
Gambarkan (sket) dan jelaskan bagian-bagian torak (piston) yang harus dilakukan pengukuran ?
- Pengukuran diameter torak (piston) antara posisi depan-belakang atau a-a’ pada posisi dari atas sampai kebawah minimal 5 posisi, diperbandingkan dengan diameter torak standar, berapaberkurangnya (minus) atau keausan torak tersebut.
- Pengukuran diameter torak (piston) antara posisi kiri–kanan atau b-b’ pada posisi dari atas kebawah minimal 5 posisi, diperbandingkan dengan diameter torak standar, berapa berkurangnya (minus) atau keausan torak tersebut.
- Pengukuran ini dimaksud untuk mengetahui seberapa jauh diameter torak (badan torak) yang sudah mengalami keausan akibat gesekan dengan dinding silinder (cylinder liner) dan juga adanya kemungkinan keausan badan torak yang tidak merata.
- Pada posisi pengukuran a-a’ atau “port – starboard side” ini akan lebih jelas menunjukan “Ovalitet” badan torak, apabila terjadi Ring Torak yang sudah menipis, karena gerakan tendangan badan torak yang menerima tenaga pembakaran akan bergerak kearah kanan (starboard) dan langsung bersentuhan dengan dinding silinder, akibatnya badan torak dan dinding silinder keduanya akan mengalami keausan.
- Pengukuran diameter bagian dalam silinder (Cilinder Liner) antara posisi depan-belakang (Fore-after) pada posisi dari atas sampai kebawah (minimal 5 posisi), kemudian diperbandingkan dengan diameter standar.
- Pengukuran diameter bagian dalam silinder (Cilinder Liner) antara kiri-kanan (port-starboard) pada posisi dari atas sampai kebawah (minimal 5 posisi), diperbandingkan diameter standar.
- Pengukuran liner bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh diameter dinding silinder (cylinder liner) yang sudah mengalami keausan akibat gesekan dengan torak (badan torak) dan juga adanya kemungkinan keausan dinding silinder yang tidak merata.
- Pastikan bahwa dinding silinder dalam keadaan masih standar dan tidak ada yang termakan, tergores, aus atau membentuk OVAL yang dapat mengakibatkan lolosnya udara kompresi.
- Bila terdapat goresan / alur memanjang dari atas ke bawah, maka lebih baik segera dilakukan penggantian silinder baru.
- Pastikan semua lubang-lubang Cylinder Oil Apart, dapat mengeluarkan minyak pelumas dengan baik.
Bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa didalam ruang engkol ?
- Pemeriksaan kondisi pelumas seperti kekentalan maupun warna dari minyak pelumas tersebut.
- Pemeriksaan kebocoran air pendingin pada dinding-dinding cylinder liner bagian dalam dan bagian luar.
- Pemeriksaan secara visual pada poros engkol maupun pada bantalan-bantalan poros engkol.
- Pemeriksaan visual pada crank shaft dan connecting road
- Pemeriksaan kekuatan/kekencangan baut dan mur pengikat poros engkol.
- Kurangnya frekwensi penggantian oli dapat mengurangi penurunan kinerja mesin.
- Semakin lama minyak yang tersisa didalam mesin, maka semakin besar kemungkinan terkontaminasi dengan unsur-unsur lain seperti kotoran.
- Beban gesek yang diterima akan lebih besar, hal ini akan menyebabkan keausan pada komponen yang saling bergesakan.
- Mesin akan mengalami panas yang berlebih sebab Oli juga dapat berfungsi sebagi penyerap panas pada mesin.
- Bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berhentinya fungsi dari mesin tersebut ( turun mesin )
Bagian-bagian apa saja yang terpenting yang harus diperiksa pada unit kompressor udara tersebut !
- Pemeriksaan atau kaliberasi LP dan HP manometer air compressor.
- Pemeriksaan Section dan Delivery Valve Air Compressor
- Pemeriksaan pada Electro Motor
- Air Bottle ( tabung udara tekanan tinggi )
- Pemeriksaan pada monitoring device
- Lakukan pemeriksaan safety valve, regulator/reducer valve, inlet /outlet valve secara periodic.
- Lakukan pemeriksaan permukaan katup, perubahan bentuk dan warna katup yang disebabkan oleh panas.
- Lakukan pergetian pegas katup secra periodic untuk mengurangi kemungkinan patah, aus dan korosi.
- Ratakan permukaan dudukan valve terhadap dudukan katup ( sitting valve ).
- Perawatan penggantian minyak lumas secara berkala.
- Lakukan cerat udara sebelum dan sesudah menjalankan kompresor.
Maksud diambilnya diagram indicator agar kita dapat mengetahui karakteristik dari tiap-tiap slinder tentang besarnya tekanan kompresi awal/akhir, tekanan rata-rata dan jemlah tenaga didalam slinder.
Buatlah sebaik mungkin bentuk dari sebuah diagram indikator ( diagram P-V ) dari motor 2 tak yang dilengkapi dengan katup buang ( Exhaust valve) dan juga sebuah diagram indikator dari sebuah motor induk 4 tak. Apakah ada perbedaan dalam kedua diagram tersebut ?
Jelaskan dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan mesin !
Dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan mesin :
- Memiliki Teori-teori
- Kumpulan masalah
- Perencanaan
- Memiliki Data
- Persadian Fasilitas dan Peralatan
Upaya-upaya meningkatkan daya mesin :
- Membersihakan atau mengganti filter udara secara berkala
- Melakukan pengaturan ulang valve intake dan valve exhaust,
- Pemasangan unit Turbo Charger
- Memperbesar Jumlah rasio perbandingan bahan bakar.
- Melakukan penyetelan timing pengabutan bahan bakar
- Menaikkan Kualitas Udara dan Bahan Bakar
- Menurunkan suhu udara yang masuk ke intake manifold.
- Memakai bahan bakar berkualitas baik.
Pengaruh alat pengabut yang kurang baik :
- Tenaga mesin kurang/kinerja mesin terasa lamban.
- Mesin over heating karena injector memberikan perbandingan campuran kurus.
- Mesin akan pincang karena slinder yang bersangkutan tidak menerima pasokan bahan bakar.
- Gas buang menjadi terlalu tebal/panas karena pembakaran pada ruang bakar tidak sempurana.
- Menyebabkan kerusakan yang berakibat fatal
Pengaruh kwalitas bahan bakar :
- Emisi gas buang yang buruk
- Perfmorma atau tenaga mesin menjadi berkurang.
- Terjadinya endapan kerak zat carbon/sulfur sisa dari pembakaran bahan bakar pada injector.
- Menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.
- Menyebabkan komponen-komponen mesin tidak bekerja secra efektif.
- Saringan udara yang kotor menyebabkan udara yang masuk keldalam slinder tidak sebanding dengan bahan bakar yang dikabutkan.
- Buruknya kwalitas minyak bahan bakar yang digunakan.
- Kurang baiknya penyemprotan pada injection pump, sehingga bahan bakar menetes melalui ujung nozzle.
- Kurangnya tekanan pada ruang pembakaran yang disebabkan oleh rusaknya turbo charge.
- Volume penyemrotan bahan bakar tidak sesuai dengan ratio pembakaran.
- Saat penyemrotan ( timing ) bahan bakar yang kurang tepat.
Berapa perkiraan jam kerja (runnning hours) pada saat dilakukan perbaikan major overhaul tersebut!
- Major Overhaul adalah salah satu tindakan atau bagian penting dari suatu sistem perawatan dan perbaikan yang dilakukan pada semua Motor Diesel untuk semua type dan jenis dari pabrik manapun.
- Perkiraan kerja untuk pekerjaan Top Overhaul antara 2000 – 4000 Jam.
Bagian-bagian pemeriksaan :
- Pelapis Silinder (Cylinder Liner)
- Torak & Ring Torak (Piston & Piston Ring).
- Kepala Silender (Cross Head).
- Batang Torak (Connecting Road)
- Metal Jalan dan Metal Duduk (Crank Pin Bearing & Main Bearing )
- Poros Engkol (Crank Shaft Journal)
- Poros Penerus & Metal (Intermediate Shaft & Bearing)
- Sistem Pengaman (Safety Device System)
- Pompa Bahan Bakar ( Fuel Injection Pump )
- Turbin Gas ( Turbo Charger )
- Sistem Udara Pengontrol (Pneumatic System Control)
- Alat-alat Monitoring dan Sistim Pengaman ( Monitoring Device & Safety Device )
- Sistim Pendingin ( LO Cooler, Fresh Water Cooler, Lubrication Oil Cooler & Air Scavenging Cooler)
Persiapan apa saja yang terpenting sebelum melakukan perbaikan pompa air laut tersebut ?
Persiapan perbaikan pompa centrifugal :
- Menutup salah satu sea water suction valve ( low / high )
- Membersihkan suction sea water filter
- Memeriksa tekanan pompa pada Pressure gauge
- Memeriksa kebocoran rumah pompa yang disebabkan oleh karat.
- Memeriksa kelancaran putaran poros pompa
Pemeriksaan Elektromotor :
- Pemeriksaan sistim kerlistrikan utama pada pompa.
- Pemeriksaan Fan, Bearing dan Greasing.
- Pemeriksaan stator denganMegger Test, bersihkan dengen electric cleaner, dan di oven.
- Melakukan pelapisan pada isolator dengan sarlac untuk mencegah grounded
- Pemeriksaan Gland Packing ( ganti baru, sesuaikan dengan Running Hours )
- Pemeriksaan Coupling Bolt & Nut ( ganti baru dan jangan dibiarkan bocor )
- Pemeriksaan pada Impeller - Shaft - Shaft Sleeve - Neck Bush - Neck ring - Casing Ring - Submerged Bearing.
- Penyetelan kelurusan antara pompa dan Electromotor harus benar.
Gambarkan secara sederhana (sket) ketel uap type "D" tersebut ?
Sebutkan nama katup-katup yang menempel di badan keteluap ?
Katup-katup yang terdapat pada ketel uap :
- Katup Uap Utama (main steam valve).
- Katup Uap Tekanan Lanjut (super heater steam valve ).
- Katup Keamanan ada 2 set (safety valves ).
- Katup Cerat Udara (air cock/ air drain valve ).
- Katup Kontrol Tekanan Uap ( pressure steam valve ).
- Katup Pengisian Air Ketel ( feed water inlet valve ).
- Katup Tekan Sirkulasi Air Ketel (hot water circulating discharge valve).
- Katup Isap Sirkulasi Air Ketel ( hot water circulation suction valve ).
- Katup buangan kotoran permukaan air ketel ( surface blow down valve ).
- Katup buangan kotoran dasar air ketel ( bottom blow down valve )
- Kurangnya isapan dan tekanan pompa air laut.
- DIsebabkan oleh kotoran sampah dan kerang-kerang kecil sehingga terjadi penyumbatan pada impeller.
- Tindakannya berisihkan bagian sistem pemipaan pada pompa sea water filter dan impeller.
- Menurunnya kinerja impeller pada pompa.
- Terkikisnya impeller oleh kotor sehingga putaran menjadi tidak normal.
- Buka bagian-bagian pompa dan ganti pada bagian impeller
- Kebocoran pada bagian gland packing.
- Disebabkan oleh kebocoran pada glen packing.
- Buka dan ganti pada bagian glen packing
- Memiliki Teori-teori
- Kumpulan masalah
- Perencanaan
- Memiliki Data
- Persadian Fasilitas dan Peralatan
Perawatan atau Pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang perlu dilaksanakan terhadap seluruh obyek baik non-teknis meliputi manajemen dan sumber daya manusia agar dapat berfungsi dengan baik teknis meliputi suatu material atau benda yang bergerak ataupun benda yang tidak bergerak, sehingga material tersebut dapat dipakai dan berfungsi dengan baik serta selalu memenuhi persyaratan internasional.
Sebutkan tanggung jawab :
Manager Armada
- Memelihara kapal agar tetap layak laut ABK lengkap dan diperlengkapi sertifikat
- Siap berlayar dan menerima muatan Membuat strategi perawatan dan merencanakan anggaran belanja untuk perawatan kapal.
- Manajemen Oprasional
- Keselamatan Kapal
- Muatan, peralatan dan semua ABK di atas kapal.
- Nakhoda
- Perusahaan pemilik kapal
- Maker ( pabrik pembuatan mesin )
- Klasifikasi dan hukum pemerintah
Perawatan Normal
- Perawatan Periodik/Normal (Period Maintenance) Perawatan periodik adalah bagian pelaksanaan pekerjaan perawatan pencegahan yang dilakukan secara periodik berdasarkan waktu kalender atau jam kerja dengan mengacu kepada Manual Instruction Book.
- Perawatan Insidentil/tidak Normal (Breakdown Repair) Insidentil artinya kita membiarkan mesin terus menerus sampai rusak (Down Time), baru kemudian dilaksanakan perawatan dan perbaikan (Break down repair).
Perawatan pencegahan adalah bagian dari pelaksanaan pekerjaan perawatan berencana yang bertujuan :
- Memantau perkembangan yang terjadi pada hasil pekerjaan perawatan secara terus-menerus sampai batas nilai-nilai yang diijinkan.
- Menemukan kerusakan dalam tahap yang lebih dini, sehingga masih ada kesempatan untukmerencanakan pelaksanaan waktu perawatan.
- Mencegah terjadinya kerusakan atau bertambahnya kerusakan, yang dapat mengakibatkan terhentinya operasi kapal.
- Suatu tugas yang perlu dilakukan agar kita dapat menelusuri jalannya kerusakan terhadap nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal.
Perawatan dan perbaikan adalah bagian dari pelaksanaan pekerjaan perawatan berencana yang bertujuan :
- Memperbaiki setiap kerusakan yang terpantau, walaupun belum waktunya dilaksanakanperbaikan.
- Mencegah terjadinya kerusakan atau bertambahnya kerusakan yang lebih besar.
- Suatu tugas yang perlu dilakukan agar kita dapat mempertahankan kondisi pesawat / mesin terhadap nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal.
Sistem Perawatan Berencana adalah salah satu sarana untuk menuju kepada perawatan
kapal yang lebih baik dan secara garis besar tujuannya adalah :
- Mengoptimalkan daya dan hasil guna material sesuai fungsi dan manfaatnya (efficiency material).
- Mencegah terjadinya kerusakan berat secara mendadak (breakdown), serta mencegah menurunnya efisiensi.
- Mengurangi kerusakan yang mendadak atau pengangguran waktu berarti menambah hari hari efektif kerja kapal (commission days).
- Mengurangi jumlah perbaikan dan waktu perbaikan pada waktu kapal melaksanakan perbaikan Dok tahunan (economical cost).
- Menambah pengetahuan awak kapal dan mendidik untuk memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin kerja (sence of belong).
- Perawatan prediksi adalah kegiatan pemantauan alat produksi dengan sensor mikroprosesor yang dapat mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
- Kurangnya frekwensi penggantian oli dapat mengurangi penurunan kinerja mesin.
- Semakin lama minyak yang tersisa didalam mesin, maka semakin besar kemungkinan terkontaminasi dengan unsur-unsur lain seperti kotoran.
- Beban gesek yang diterima akan lebih besar, hal ini akan menyebabkan keausan pada komponen yang saling bergesakan.
- Mesin akan mengalami panas yang berlebih sebab Oli juga dapat berfungsi sebagi penyerap panas pada mesin tersebut
- Bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berhentinya fungsi dari mesin tersebut ( turun mesin )
Persiapan Engine :
- Pastikan kedua mesin bantu generator sudah dalam keadaan normal, khususnya generator yang akan menggantikannya.
- Pastikan governor, pengatur putaran mesin dalam keadaan normal.
- Pastika semua safety device, Manometer, Thermometer dan Indicator lainnya bekerja normal.
- Pastikan mesin bantu generator tersebut sudah siap menerima beban penuh dengan RPM normal untuk menggantikan yang akan di stop.
- Pastikan semua indikator di panel bekerja baik dan sudah dikalibrasi.
- Pastikan safety Main Switch Board untuk kedua generator bekerja baik, yaitu :
- Under Voltage Shut Off - Under Current Shut Off - Over Current Shut Off - Over Load Shut Off - Adjuster Governor - No Syncronizer Paralel - Motorization Breaker.
- Sesuaikan kedua generator pada posisi RPM / Frequensi yang sama yaitu 50Hz / 60Hz
- Perhatikan Keseimbangan frequency frequency Meter dengan frequency counter, frequency Lamp dan
- frequency round arrow.
- Pengaturan frequency dilakukan dengan menggunakan pengatur RPM (adjuster governor), sesuaikan kedua frequency generator dengan baik.
Jelaskan penggunaan alat-alat ukur dibawah ini !
Inside Micrometer
- Alat ukur dengan tingkat ketelitian 1/100 mm, alat ini untuk mengukur secara teliti bagian dalam dari suatu material / benda kerja. Seperti diameter dalam pada Cylinder Liner.
- Alat ukur dengan tingkat ketelitian 1/100 mm, alat ini untuk mengukur secara teliti bagian dalam dari suatu material / benda kerja. Seperti Diameter Luar Piston, Shaft, Pin, dan ketebalan Sim/Plat.
- Adalah sebuah alat ukur yang khusus untuk mengukur kelurusan Poros Engkol Mesin Diesel, dengan hasil pengukuran yang sangat teliti sampai 1/100 mm.
- Alat ukur ini terdiri dari dudukan (magnet) dan Clock, yang dipasang diantara pipi-engkol per silinder untuk mendapatkan hasil keseluruhan Poros Engkol terhadap kedudukan Metal duduk.
- Adalah alat ukur khusus untuk mengukur besaran tenaga yang ada didalam ruang pembakaran didalam silinder Mesin diesel. alat ukur ini dipasang diujung Katup Indikator (pipa draad) dan diperlengkapi dengan ”kertas indikator” yang akan tergambar hasil pengukuran tersebut.
- Dengan menggunakan urutan pembakar ( Firing oder ) dari mesin yang bersangkutan. Katup pemasukan dan katup pembuangan disetel saat piston dikedudukan titik mati atas , yaitu pada akhir langkah kompresi.
- Putarlah roda flywheel sesuai dengan arah putaran mesin sampai piston pada silinder pertama dalam posisi di atas. Pada saat putaran mesin terasa berat, hal ini menunjukkan adanya kompresi di mana kedua katup menutup penuh. Roda flywheel diputar lagi sedikit sehingga garis tanda TDC atau FB pada roda flywheel berimpit dengan tanda garis tetap di body motor. Kedudukan ini menunjukkan top kompresi dan piston berkedudukan di titik mati atas.
- Kendorkan mur pengikat. Stel baut penyetel dan sisipkan feeler gauges di antara celah katup, baik katup masuk maupun katup buang sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh mesin yang bersangkutan.
- Tahan baut penyetel dengan obeng min agar kedudukan penyetelan tidak berubah dan keraskan kembali mur pengikat.
- Periksa kembali keregangan celah katup tersebut. Setelah penyetelan katup pada silinder pertama selesai maka putarlah roda penerus lebih kurang 180 derajat sudut engkol. Untuk mesin 4 silinder 720 derajat dibagi (banyaknya silinder). Kedua katup pada silinder nomor 3 tertutup, rocker arm / tuas pelatuk dalam keadaan bebas tekanan. Kita setel celah katup silinder nomor tiga. Demikianlah penyetelan celah katup untuk silinder berikutnya sesuai dengan ( Firing Order) dari Mesin tersebut.
- Bersihkan sekeliling bagian-bagian injector dengan solar, lalu tiup dengan tekanan angin.
- Gunakn majun untuk melapisi injector khusus pada ujung nosel.
- Tutup lubang injektor dengan kain lap, agar debu atau kotoran tidak masuk ke dalam silinder.
- Pasang injektor pada tester dengan baik.
- Tes dengan alat Tekanan Penyemprotan.
- Gerakkan tuas tester dalam langkah penuh dengan kuat dan cepat, baca tekanan pada manometer, catat hasilnya.
- Sudut penyemprotan yang baik adalah : 4°
- Lakukan pengetesan sampai manometer menunjukkan tekanan = 80 bar, pertahankan posisi tekanan ini selama ± 20 detik, lihat dan amati kebocoran pada ujung nosel.
- Bersihkan lubang-lubanag pengeabut injector
- Rust remover bahan kimia cair untuk menghilangkan karat.
- Electric cleaner bahan kimia cair untuk membersihkan semua peralatan listrik dan electro motor.
- Fuel oil treatment bahan campuran untuk bahan bakar berat MFO.
- Carbon remover bahan kimia cair untuk membersihkan, menghancurkan kerak-kerak arang(carbon) hasil pembakaran yg tidak sempurna pada piston dan dinding slinder.
- Air cooler cleaner bahan kimia cair untuk membersihkan udara pada alat pendingin udara.
- Oil spill dispersant bahan kimia untuk menghancurkan/menetralisir tumpahan minyak yang mungkin terjadi pencemaran dilaut.
- Diesel engine water treatment non chromateBahan campuran untuk perawatan air pendingin mesin utama, untuk membersihkan kotoran dan melindungi korosif dalam system pendingin tertutup.
- Chemical water treatment for boiler Bahan-bahan kimia untuk pengetesan air ketel uap.
- Soot release stick bahan kimia berbentuk serbuk dikemas dipergunakan untuk membersihkan jelaga-jelaga yang menempel pada dinding dapur dan pipa-pipa api/air ketel uap
- Mempersiapkan team work engine
- Membuat perencanaan kerja
- Menentukan waktu pelaksanaan
- Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan suku cadang
- Membuka dan memperhatikan urutan pembongkaran
- Membersihkan bagian-bagian yang dibongkar
- Melakukan pengukuran bagian-bagian yg penting
- Melakukan pemasangan kembali bagian-bagian yang masih memadai dan mengganti bagian-bagian mesin yang sudah rusak.
- Diadakan pengetesan kompresi, tekanan injector dan pengukuran gap klep masuk dan keluar
- Setelah selesai, isi oli.
- Buang udara dalam system aliran bahan bakar.
- Pengisian system air pendingin mesin.
- Test running
- Pemeriksaan kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna
- Periksa perubahan warna dan bentuk batang katup, keausan dan pelumasan
- Periksa kelonggaran dan keausan pemegang katup
- Periksa pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi, kekuatannya
- Ukur diameter batang katup
- Lapping/skir katup pada dudukannya pada jam kerja yang telah ditentukan
- Penggantian katup jika muka katup sudah rusak
- Secara berkala adakan pengukuran dengan feeler gauge (valve clearance).
- Kebocoran katup menyebabkan hilangnya kompresi dalam silinder dan tenaga motor berkurang.
- Dapat menyebabkan percikan api pada cerobong disebabkan bahan bakar dari slinder yg tidak terbakar melalui katup buang cerobong.
- Bahan bakar boros akibat tenaga motor berkurang.
- Perbaikannya:
- Katup disetel kembali sesuai dengan clearancenya. Sebab bila celah katup rapat dapat menyebabkan bocornya katup.
- Katup diskur bila terdapat kerusakan pada sisi klep/pendudukan klep.
- Buka silindernya, siram kedua katup dengan solar/bensin yg meresap itu bocor lalu adakan penggantian.
- Perawatan pertama adalah melaksanakan standing operation procedure (SOP) Purifier dengan benar dan konsisten.
- Mempelajari secara benar cara kerja atau fungsi dari semua bagian purifier tersebut.
- Bersihkan saringan isap dan periksa kekedapan semua katup isap, agar tidak mengganggu pada waktu permulaan dijalankan.
- Pembersihan kotoran minyak yang terdapat dibagian dalam Purifier secara berkala, setiap 4 jam sekali atau 8 jam sekali.
- Pembersihan kotoran minyak tersebut harus sesering mungkin dilakukan agar tidak terjadi ”Overload” yang akan mempercepat rusaknya Ball Bearing, Roda Gigi, Kampas Kopling dll.
- Perawatan pertama adalah melaksanakan Standing Operation procedure (SOP) dengan benar dan konsisten.
- Mempelajari secara benar cara kerja atau fungsi dari OWS tersebut.
- Pembersihan kotoran minyak yang terdapat dibagian dalam 2 (dua) tabung Separator secara berkala.
- saringan – saringannya selalu diganti baru.
- Perawatan OCM dan Solenoid Valve, yaitu dengan melakukan SOP pembersihan (Flushing) pipa – saluran contoh air-got yang dideteksi oleh OCM harus dilakukan sebelum dan sesudah OWS dijalankan, sehingga pipa saluran air got tersebut tetap dalam keadaan bersih.
- Setiap menjalankan OWS harus selalu dicatat dalam buku merah dan diberi catatan, berapa kilo liter, berapa ppm, waktu dan kondisinya.
Mesin Bor
- Mesin Bor digunakan untuk membuat lubang–lubang pada benda kerja, sesuai ukuran permintaan. Membuat bentuk-bentuk tertentu, mengikuti permintaan berdasarkan ukuran mata – bor dan gerak putaran mesin Bor.
- Mesin Gerinda digunakan meratakan benda kerja yang berbentuk lingkaran atau bulat.
- Meratakan bekas pengelasan yang belum rata/menonjol.
- Membentuk / meruncingkan / membulatkan benda kerja yang tidak beraturan sesuai permintaan.
- Bila dikombinasi dengan sikat baja / tembaga, dapat dipergunakan untuk membersihkan / menyikat benda kerja.
- Mesin Las digunakan menyambung 2 (dua) atau lebih benda kerja dengan pengelasan, seperti perbaikan / penggantian pipa-pipa baru.
- Mengisi/menambah ketebalan benda kerja
- Memotong benda kerja dengan menaikkan Ampere lebih tinggi.
- Menambal, menutup lubang-lubang benda kerja sesuai permintaan.
- Mesin Skrap digunakan untuk Meratakan benda kerja yang permukaannya datar/plat.
- Membuat alur-alur pada permukaan yang datar.
- Membentuk/meratakan benda kerja yang berbentuk tidak beraturan dan Memotong benda kerja yang Tebal-tebal.
- Ball bering dari motor kompresor harus dilumasi
- V-Belt diperiksa tegangannya
- Evaporator didefros bila banyak bunga es
- Condenser harus sering dibersihkan
- Bersihkan filter di solenoid valve
- Mengganti silica gell di dryer bila tiba saatnya
- Bila ada udara didalam system harus di cerat
- Nipple-nipple dan kran-kran penutup diberi grease
- Periksa minyak lumas dalam carter, bila kurang ditambahkan
- Periksa instalasi listriknya
- Pada waktu instalasi beroperasi, suhu dan tekanan harus diperhatikan
- Saringan-saringan klep ekspansi & pengatur tekanan dijaga bersih
- Menstart motor jangan selalu pada switch pengontrol
- Saat menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai prosedur.